Peringatan Puncak Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke-59

Beranda | Ragam | Wisata | Galleri Photo | Pengaduan | Database SKPD | Buku Tamu | Kontak Kami

Peringatan Puncak Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke-59

 

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyerahkan dana Rp 16 milyar lebih untuk mendukung sejumlah kegiatan pembangunan di Kabupaten Kotabaru.

Bantuan belanja keuangan kepada Pemerintah Kabupaten Kotabaru tahun 2009 itu disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Ariffin pada acara puncak Hari Jadi ke-59 Kabupaten Kotabaru di lapangan Siring Laut, Senin (01/6).

Bantuan Pemprov Kalsel itu dialokasikan untuk pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rp 10 milyar, stadion olahraga Rp 5 milyar, bidang kesehatan Rp 784 juta dan pendidikan Rp 625 juta.

Gubernur mengharapkan dana bantuan tersebut dapat bermanfaat dalam mendukung kegiatan pembangunan yang dilaksanakan Kotabaru.

Dalam acara yang dihadiri Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat Departemen Kesehatan, Wagub Kalsel Rosehan NB, unsur Muspida Provinsi, Muspida Kotabaru, sejumlah pejabat, pengusaha, ulama dan tokoh masyarakat itu, Gubernur juga memaparkan sejumlah proyek yang mendukung pembangunan di Kotabaru.

Antara lain, pembangunan jalan trans Kalimantan poros selatan, dari Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru hingga ke perbatasan Kalimantan Timur. "Saya mohon maaf jika dirasakan ada ketidaknyamanan para pengguna jalan akibat pelaksanaan proyek jalan tersebut.Pekerjaan perbaikan jalan trans Kalimantan poros selatan ini diharapkan rampung akhir 2009 ini," kata Gubernur, yang didampingi Ny.Hayatun Fardah Rudy Ariffin.

 

 

Dalam kesempatan itu, Rudy juga mengharapkan kebersamaan seluruh Kabupaten/Kota, termasuk Kotabaru, untuk mendukung pelaksanaan Perda Nomor 3 Tahun 2008, yang melarang angkutan batubara melintasi jalan umum.

"Kita menyadari bahwa dunia usaha sangat penting untuk perekonomian daerah. Namun demikian, kita berharap pengusaha yang menjalankan usahanya juga harus memikirkan kepentingan masyarakat luas," katanya.

Dia berharap, penegakan Perda Nomor 3/2008 tersebut, mulai 23 Juli 2009, berjalan lancar demi kepentingan seluruh masyarakat Kalimantan Selatan.

"Dengan penerapan Perda ini kita dapat mengeliminasi kemacetan arus lalu lintas di jalan umum, menekan angka kecelakaan lalu lintas yang selama ini sudah banyak menelan korban jiwa, menurunkan tingkat pencemaran lingkungan dan menciptakan suasana kehidupan yang aman serta nyaman," ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Kotabaru Sjachrani Mataja memaparkan sejumlah program pembangunan di Kotabaru yang berpihak kepada rakyat, antara lain pengalokasian anggaran pendidikan 20 persen dan kesehatan 16 persen dari APBD, pelaksanaan program pendidikan gratis dari SD sampai SMA/sederajat, pelayanan kesehatan gratis, pembuatan kartu tanda penduduk, kartu keluarga, akta kelahiran dan buku nikah gratis.

Dalam acara yang dihibur pertunjukan kolosal sendratari, tarian Banjar, musik dan paduan suara itu, Sjachrani yang didampingi Wakil Bupati Fatizanolo dan Ketua DPRD M Alamsyah mencanangkan pembangunan jembatan yang menghubungkan Tanjung Ayun (Pulau Laut) ke Tarjun (daratan Pulau Kalimantan) sepanjang 1 km lebih. Jembatan yang meli

Total hits : 3367

Berita Pilihan

  • Pulau Samber Gelap
    pulau Samber Gelap (tampak bangunan Mercu Suar) Lokasi pulau dari ibukota Kabupaten Kotabaru hanya menempuh waktu 2 (dua) jam perjalanan menggunakan s...
  • Rencana Taman Kota (RTH Suryagandamana)
    Potret lokasi RTH Suryagandamana dari angkasa Mesjid Agung - Jalan Suryagandamana - Gunung Sebatung Rencana Pembangunan RTH Ruang Terbuka Hijau Jl. Su...
  • Pertemuan Triwulanan Forum CD-CSR Kabupaten Kotabaru
    Kamis (7/10) diselenggarakan Pertemuan Triwulanan CD-CSR Kabupaten Kotabaru 2011-2015 bertempat di Aula Hotel Grand Surya yang dihadiri oleh perusahaa...