Perencanaan Pembangunan Bidang Ekonomi

Beranda | Ragam | Wisata | Galleri Photo | Pengaduan | Database SKPD | Buku Tamu | Kontak Kami

Perencanaan Pembangunan Bidang Ekonomi

 

Perencanaan Pembangunan Bidang Ekonomi


Pengembangan agrobisnis merupakan visi misi bupati kotabaru dalam 5 tahun masa jabatan, Dibeberapa wilayah/desa sektor kelapa (nyiur) merupakan salah satu sumber daya alam yang potensial untuk dikembangkan dikabupaten kotabaru, mengingat kondisi geografis kotabaru berada di kepulauan dan pesisir pantai sehingga potensi kelapa (Nyiur) sangat besar.

PT. Kerambil Idjo Jogja adalah sebagai perusahaan swasta yang bergerak di industri pengolahan kelapa (nyiur) berkeinginan menawarkan bentuk kerjasama (kemitraan) dengan pemerintah kabupaten kotabaru melalui BUMDes.

Adapun pola dalam bentuk kerjasamanya adalah pihak perusahaan akan menawarkan teknologi kepada pemerintah daerah (BUMDes) sesuai dengan keinginan yang dibutuhkan, kemudian hasil dari pada produksi kelapa (nyiur) tersebut akan dibeli oleh perusahaan PT. Kerambil Idjo Jogja.

Bagian Perekonomian Setda kab. Kotabaru akan mendukung dan memfasilitasi BUMDes yang membutuhkan modal melalui BPR (bank), Dari 94 BUMDes terbentuk yang aktif hanya 19 BUMDes, Rencana pengembangan agrobisnis melalui sektor kelapa (nyiur) di BUMDes akan dijadikan sebagai Pilot Project untuk desa-desa potensial lainnya.

Beberapa daerah lainnya telah melakukan MOU (bermitra) dengan perusahaan PT. Kerambil Idjo Jogja antara lain ; Kabupaten Tabanan Bali, Banyuasin Sumatera Selatan, Kepulauan Mentawai Sumatera barat Dll.

 


Arah dari pada pengembangan BUMDes ini adalah terbentuknya kawasan perdesaan di kotabaru,  Adapun hasil rapat ini akan ditindak lanjut dengan melakukan kunjungan kebeberapa wilayah/kecamatan/desa (Kec. Tj. Selayar dan P. L. Kepulauan) untuk melihat secara langsung potensi kelapa (nyiur) di wilayah tersebut.


Total hits : 25

Berita Pilihan

  • Pulau Samber Gelap
    pulau Samber Gelap (tampak bangunan Mercu Suar) Lokasi pulau dari ibukota Kabupaten Kotabaru hanya menempuh waktu 2 (dua) jam perjalanan menggunakan s...
  • Rencana Taman Kota (RTH Suryagandamana)
    Potret lokasi RTH Suryagandamana dari angkasa Mesjid Agung - Jalan Suryagandamana - Gunung Sebatung Rencana Pembangunan RTH Ruang Terbuka Hijau Jl. Su...
  • Pertemuan Triwulanan Forum CD-CSR Kabupaten Kotabaru
    Kamis (7/10) diselenggarakan Pertemuan Triwulanan CD-CSR Kabupaten Kotabaru 2011-2015 bertempat di Aula Hotel Grand Surya yang dihadiri oleh perusahaa...