Puskesmas Serongga Ditetapkan sebagai Puskesmas Percontohan

Beranda | Ragam | Wisata | Galleri Photo | Pengaduan | Database SKPD | Buku Tamu | Kontak Kami

Puskesmas Serongga Ditetapkan sebagai Puskesmas Percontohan


Puskesmas Serongga Ditetapkan sebagai Puskesmas Percontohan


 

Puskemas Serongga, Kecamatan Kelumpang Hilir ditetapkan puskemas sebagai Puskemas Percontohan, berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/636/2018 tanggal 16 November 2018 tentang puskesmas sebagai percontohan.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru H Akhmad Rivai menyatakan ini sangat membanggakan, namun tugas serta tanggung jawab yang diemban cukup berat. Lanjut beliau, dengan ditetapkannya puskemas Serongga sebagai puskemas percontohan, dituntut tanggung jawab melaksanakan kebijakan kesehatan. Untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya, perlu didukung dengan keberadaan puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang ideal  dalam memberikan pelayanan kesehatan. Sebagai catatan, jumlah puskemas yang tersebar di 21 Kecamatan se-Kabupaten Kotabaru sebanyak 28 puskesmas, terdiri dari 12 puskesmas melayani perawatan (rawat inap) dan 16 puskesmas non-perawatan.

 

Penunjukan satu puskesmas percontohan pada setiap Kabupaten yaitu Puskesmas Serongga sebagaimana ditetapkan oleh Menteri Kesehatan bukanlah pencapaian main-main. Untuk digunakan sebagai pengembangan puskesmas lainnya melalui kegiatan pencapaian status akreditasi paripurna; penyelenggaraan sumber daya puskesmas meliputi sarana, prasarana, alat kesehatan, dan tenaga sesuai dengan standar.

 

Di samping pencapaian kunjungan keluarga dalam rangka program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK) 10 persen di wilayah kerja puskesmas. Dengan peningkatan capaian indeks keluarga sehat (IKS) dan capaian 12 indikator PIS-PK di wilayah kerja puskesmas, serta pencapaian hasil penilaian kinerja puskesmas dengan kategori baik.

 

"Untuk itu pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan puskesmas sebagai percontohan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kabupaten Kotabaru sesuai dengan kewenangan masing-masing," tandas Rivai.

 

Lebih lanjut dapat disimak di sumber berita.

Total hits : 59

Berita Pilihan

  • Pulau Samber Gelap
    pulau Samber Gelap (tampak bangunan Mercu Suar) Lokasi pulau dari ibukota Kabupaten Kotabaru hanya menempuh waktu 2 (dua) jam perjalanan menggunakan s...
  • Rencana Taman Kota (RTH Suryagandamana)
    Potret lokasi RTH Suryagandamana dari angkasa Mesjid Agung - Jalan Suryagandamana - Gunung Sebatung Rencana Pembangunan RTH Ruang Terbuka Hijau Jl. Su...
  • Pertemuan Triwulanan Forum CD-CSR Kabupaten Kotabaru
    Kamis (7/10) diselenggarakan Pertemuan Triwulanan CD-CSR Kabupaten Kotabaru 2011-2015 bertempat di Aula Hotel Grand Surya yang dihadiri oleh perusahaa...