Musrenbang RKPD Kecamatan Kelumpang Barat Tahun 2020

Beranda | Ragam | Wisata | Galleri Photo | Pengaduan | Database SKPD | Buku Tamu | Kontak Kami

Musrenbang RKPD Kecamatan Kelumpang Barat Tahun 2020

 

Musrenbang RKPD Kecamatan Kelumpang Barat Tahun 2020


 

Musyawarah Perencanaan Pembangunan dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Kotabaru Tahun 2021 di Kecamatan Kelumpang Barat dilaksanakan pada Kamis, 27 Februari 2020 bertempat di Kantor Kecamatan Kelumpang Barat di desa Bungkukan.

 

 

Acara tersebut dihadiri Plt. Camat dan Staf Kecamatan, Danramil, Kapolsek, Kantor Urusan Agama dari Unsur Kecamatan Kelumpang Barat. SKPD Pemerintahan yang berhadir antara lain Bappeda diwakili oleh Kabid Litbangda, Kasubbid Litbangda dan Kasubbid Pengelolaan dan Analisis Data, Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertanahan, Dinas Kesehatan, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Dinas Perkebunan, Dinas Koperas, Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Dinas Perikanan, Dinas Kesehatan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan, serta Satpol PP. Hadir pula para Kepala Desa dan delegasinya, perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh wanita dan perwakilan Perusahaan.

 

 

Acara dibuka oleh Plt. Camat Kelumpang Barat, yang menyampaikan mengenai kegiatan yang telah dilaksanakan pada Tahun 2019 baik dari SKPD maupun Dana Desa beserta kegiatan yang menjadi harapan dapat dikerjakan di Kecamatan Kelumpang Barat dilanjutkan dengan latar belakang dan perkembangan Kelumpang Barat sepanjang Tahun 2019.

  

 

Paparan Bappeda disampaikan oleh Kabid. Litbangda, yaitu terkait usulan masyarakat yang ada akan disesuaikan dengan prioritas dan kemampuan keuangan daerah. Untuk itu Pemerintah Desa diharap mengoptimalkan pemanfaatan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa untuk membangun desa masing-masing. Disampaikan pula mekanisme pengajuan usulan bantuan hibah/sosial.

 

 

Para perwakilan SKPD Pemerintahan kemudian masing-masing menyampaikan paparan singkat mengenai kewenangan dan kegiatan-kegiatan pada masing-masing SKPD. Usulan masyarakat yang ada akan disesuaikan dengan prioritas dan kemampuan keuangan daerah. Untuk itu Pemerintah Desa diharap mengoptimalkan pemanfaatan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa untuk membangun desa masing-masing.

 

 

Catatan selanjutnya dari acara ini adalah:

  • Belum adanya serah terima kegiatan dari PNPM Tahun 2016.  
  • Usulan dari Kecamatan Kelumpang Barat berjumlah total 143 usulan dari 6 Desa (Magalau Hulu, Magalau Hilir, Tanjung Sari, Batang Kulur, Bungkukan, Siayuh)
  • Usulan Prioritas Desa Tanjung Sari disampaikan Kades terkait pembangunan jalan Siayuh-Banjar Sari (Dinas Bina Marga dan SDA), pengajuan bibit sawit yang pernah diajukan tahun 2018 tapi tidak realisasi 2019 (Dinas Perkebunan), apa yang dilakukan untuk melengkapi persyaratan bedah rumah (Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Perumahan)
  • Usulan Prioritas Desa Siayuh disampaikan Kades terkait pembangunan kantor desa yang pernah diajukan tahun 2018 tapi tidak realisasi 2019,  tanggung jawab pemeliharaan jalan.
  • Usulan Prioritas Desa Magalau Hulu disampaikan Kades terkait usulan jembatan gantung RT 02, usulan pembangunan 6 kelas baru, usulan dari 2016 tentang honor tenaga guru TK, bagaimana mekanisme tanggung jawab pemeliharaan jalan tanpa adanya penetapan dari dinas terkait.

 

Total hits : 95

Berita Pilihan

  • Pulau Samber Gelap
    pulau Samber Gelap (tampak bangunan Mercu Suar) Lokasi pulau dari ibukota Kabupaten Kotabaru hanya menempuh waktu 2 (dua) jam perjalanan menggunakan s...
  • Rencana Taman Kota (RTH Suryagandamana)
    Potret lokasi RTH Suryagandamana dari angkasa Mesjid Agung - Jalan Suryagandamana - Gunung Sebatung Rencana Pembangunan RTH Ruang Terbuka Hijau Jl. Su...
  • Mekanisme Musrenbang
    Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau yang lebih dikenal dengan Musrenbang dilakukan setiap tahun sebelum memasuki tahun anggaran baru. Musrenbang K...