Ragam Informasi

Beranda | Ragam | Wisata | Galleri Photo | Pengaduan | Database SKPD | Buku Tamu | Kontak Kami

PEMETAAN STANDAR KUALIFIKASI DAN KOMPETENSI AKADEMIK TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN (2011)

Pelaksanaan penelitian Kajian Pemetaan Standar Kualifikasi dan Kompetensi Akademik Tenaga Pendidik dan Kependidikan Pada Satuan Pendidikan Dalam Menghasilkan Lulusan berkualitas di Kabupaten Kotabaru yang telah dilakukan oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kotabaru Tahun Anggaran 2011.

Adapun hasil penelitian tersebut adalah :

1)    Kualifikasi tenaga pendidik/guru di Kabupaten Kotabaru dengan jenjang S-1 yakni 27,69%  sedangkan guru yang belum S-1 yakni 72,31%,

2)    Rasio tenaga pendidik dengan jumlah satuan pendidikan di Kabupaten Kotabaru yakni 1:7, dan rasio tenaga kependidikan yakni 1:1,

3)    Mutu tenaga pendidik/guru menurut kepemilikan AKTA Mengajar yakni 63,63% dan non AKTA Mengajar yakni 36,37%,

4)    Kesesuaian mengajar tenaga pendidik/guru yakni 19,23% dan yang tidak sesuai 80,77%,

5)    Rata-rata kompetensi tenaga pendidik yakni tinggi atau persentase capaian 80%, dengan rata-rata skor 3,93. Perincian skor kompetensi masing-masing jenjang meliputi PAUD (3,86), SD (3,83), SMP (3,56), SMA (3,71), dan SMK (3,96).

6)    Nilai UN Tahun 2011 untuk jenjang SMP dan SMA/SMK menunjukkan capaian yang relatif baik pada wilayah tipologi kota maupun peri kota, karena secara rata-rata siswa telah memenuhi kriteria standar minimal 5,5 yang dipersyaratkan BSNP.

7)    Terdapat hubungan antara kompetensi tenaga pendidik, jenjang pendidikan dengan hasil belajar siswa (UN) jenjang pendidikan SMP dibuktikan dengan nilai korelasi 0,610 sedangkan hubungan jenjang pendidikan dengan kompetensi guru dengan nilai korelasi 0,610 dengan taraf signifikan 1% atau derajad kepercayaannya 99%.

8)    terdapat hubungan antara kompetensi tenaga pendidik, jenjang pendidikan dengan hasil belajar siswa (UN) jenjang pendidikan SMA dibuktikan dengan nilai korelasi 0,562 sedangkan hubungan jenjang pendidikan dengan kompetensi guru dengan nilai korelasi 0,562 dengan taraf signifikan 1% atau derajad kepercayaannya 99%.

Beberapa saran dan masukan dari Kegiatan tersebut adalah :

 

Kebijakan kualifikasi tenaga pendidik dan kependidikan sebagaimana yang telah diamanahkan oleh UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru yang didasarkan pada hasil kesimpulan di atas diperlukan beberapa program strategis dalam rangka mendukung Rencana Strategis Dinas Pendidikan Kabupaten Kotabaru Tahun 2009-2014, sebagai berikut:

1)    Peningkatan mutu tenaga pendidik / guru yang non S1 (72,31%)  melalui program penyetaraan guru, serta peningkatan kualifikasi guru S2  yang relevan dalam rangka menuju RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) dan SBI (Sekolah Bertaraf Internasional),

2)    Peningkatan mutu/kualitas kualifikasi tenaga pendidik pada guru dengan latarbelakang non pendidikan dapat dilaksanakan melalui program Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), pengadaan workshop, seminar, DIKLAT dan studi lanjut.

3)    Peningkatan jumlah tenaga kependidikan dari rasio 1:1 pada tenaga administrasi, laboran, pustakawan, penjaga sekolah dan tenaga kebersihan.

4)    Peningkatan jenjang pendidikan tenaga pendidik dan kependidikan dapat dilaksanakan melalui pemberian beasiswa (tugas belajar maupun ijin belajar) dengan sumber pendanaan APBD, CSR dan sumber lainnya yang sah.

5)    Peningkatan nilai UN dapat dilaksanakan melalui program try out agar siswa peserta UN lebih siap menghadapi UN dan UAS.

Demikian hasil penelitian yang dapat disampaikan sebagai bahan masukan dan pengkajian,

 

Total hits : 2376

Berita Pilihan

  • Pulau Samber Gelap
    pulau Samber Gelap (tampak bangunan Mercu Suar) Lokasi pulau dari ibukota Kabupaten Kotabaru hanya menempuh waktu 2 (dua) jam perjalanan menggunakan s...
  • Rencana Taman Kota (RTH Suryagandamana)
    Potret lokasi RTH Suryagandamana dari angkasa Mesjid Agung - Jalan Suryagandamana - Gunung Sebatung Rencana Pembangunan RTH Ruang Terbuka Hijau Jl. Su...
  • Pertemuan Triwulanan Forum CD-CSR Kabupaten Kotabaru
    Kamis (7/10) diselenggarakan Pertemuan Triwulanan CD-CSR Kabupaten Kotabaru 2011-2015 bertempat di Aula Hotel Grand Surya yang dihadiri oleh perusahaa...