Musrenbang 2013 Digelar

Beranda | Ragam | Wisata | Galleri Photo | Pengaduan | Database SKPD | Buku Tamu | Kontak Kami

Musrenbang 2013 Digelar

BAPPEDA Kabppupaten Kotabaru menggelar Musrenbang (Musyarawarah Rencana Pembangunan) yang langsung dibuka oleh Bupati H Irhami Ridjani di ruang pertemuan hotel Grand Surya, Rabu kemarin (13/03). Musrenbang dihadiri oleh SKPD, delegasi kecamatan se-Kotabaru, tokoh masyarakat dan LSM dan Perguruan Tinggi.
Mengawali acara, Kepala Bappeda Kotabaru M Anshar memaparkan, tahun 2013 ini bertema “Peningkatan Kualitas SDM dan Pembangunan Infrastruktur Dalam Rangka Penguatan Perekonomian Untuk Kesejahteran Masyarakat”.  Musrenbang ini merupakan musyawarah yang dilaksanakan untuk menajamkan, menyelaraskan, klarifikasi, dan mematangkan Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2014.
Musrenbang disusun berdasarkan kompilasi seluruh Rancangan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renja SKPD) dengan cara meninjau keserasian antara seluruh rancangan Renja SKPD yang hasilnya digunakan untuk pemutakhiran Rancangan RKPD 2014. Dan  merujuk kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kotabaru tahun 2011-2015.
Irhami mengharapkan,  rencana kerja pembangunan daerah tahun 2014 yang disusun melalui mekanisme musrenbang tahun 2013 ini betul-betul memperhatikan visi, misi dan prioritas pembangunan. “Saya harap RKPD 2014 nanti disusun berdasarkan visi, misi dan memprioritaskan pembangunan,”
Saat ini, katanya, nilai investasi pada tahun 2011 Rp21,7 triliun atau 230 persen dari target RPJM sebesar Rp9,1 triliun, hal ini didukung dengan berkembangnya investasi sektor hulu (perkebunan, pertambangan, migas) dan sektor hilir (minyak goreng).
Selain itu,  keberhasilan Pemerintah Kabupaten Kotabaru dalam sengketa Pulau Lari-Larian, dengan terbitnya putusan MA NO 01 P/HUM/2012 yang menggugurkan Permendagri NO 43 2011 tentang Wilayah Administrasi Pulau Lereklerekan, juga meningkatkan nilai investasi dan secara langsung akan meningkatkan pendapatan daerah.  
Dengan peningkatan investasi, maka PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) tahun 2011 sebesar Rp10,93 triliun meningkat 6,71 persen dari tahun sebelumnya. Irhami menegaskan saat ini peningkatan pembangunan Kabupaten Kotabaru sudah mencapai angka yang baik.
Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan penetapan kinerja SKPD Kabupaten Kotabaru tahun 2013 dan penandatangan pakta integritas antara pimpinan SKPD dan Bupati Kotabaru. Terlihat juga dalam acara Musrenbang tahun 2013 ini dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru, Alpidri Supian Noor, Wabup Rudy Suryana, serta Sekda H Suriansyah

Total hits : 1659 | Tanggal Kirim : 20-03-2013

Berita Pilihan

  • Pulau Samber Gelap
    pulau Samber Gelap (tampak bangunan Mercu Suar) Lokasi pulau dari ibukota Kabupaten Kotabaru hanya menempuh waktu 2 (dua) jam perjalanan menggunakan s...
  • Rencana Taman Kota (RTH Suryagandamana)
    Potret lokasi RTH Suryagandamana dari angkasa Mesjid Agung - Jalan Suryagandamana - Gunung Sebatung Rencana Pembangunan RTH Ruang Terbuka Hijau Jl. Su...
  • Pertemuan Triwulanan Forum CD-CSR Kabupaten Kotabaru
    Kamis (7/10) diselenggarakan Pertemuan Triwulanan CD-CSR Kabupaten Kotabaru 2011-2015 bertempat di Aula Hotel Grand Surya yang dihadiri oleh perusahaa...