Kotabaru Perbanyak Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Beranda | Ragam | Wisata | Galleri Photo | Pengaduan | Database SKPD | Buku Tamu | Kontak Kami

Kotabaru Perbanyak Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Kotabaru Perbanyak Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

 

KOTABARU - Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan, memperbanyak bank perkreditan rakyat (BPR) hingga ke kota kecamatan guna membantu mendorong tumbuhnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah tersebut. Bupati Kotabaru, H. Irhami Ridjani mengharapkan dengan semakin banyaknya BPR di kota-kota kecamatan, bisa mendorong tumbuhnya industri-industri rumah tangga. "Karena BPR bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan pinjaman modal," ujarnya.
 

Irhami mengaku, akan berkoordinasi dengan DPRD Kotabaru untuk menambah permodalan bank perkreditan induk yang ada saat ini, sehingga lembaga perkreditan BPR yang ada di Kabupaten Kotabaru bisa mendirikan BPR-BPR di kecamatan. Bupati Kotabaru sebelumnya mengharapkan dengan berdirinya BPR Sai-jaan akan dapat menghindarkan usaha kecil dari rentenir. Bersama BPR Saijaan, UMKM di Kotabaru diharapkan dapat tumbuh dan berkembang bersama-sama.
 

Untuk membantu operasional melayani usaha mikro kecil dan menengah, BPR Saijaan mendapatkan suntikan modal awal dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan serta Pemkab Kotabaru. Unit usaha BPR adalah usaha simpan pinjam, terutama memberikan pinjaman kepada usaha mikro kecil menengah untuk bangkit dan mengembangkan potensi bisnis. Bupati Kotabaru berkeyakinan, ke depannya BPR Saijaan dapat berperan aktif dalam mendorong laju roda perekonomian masyarakat. "Pemkab Kotabaru menyambut kehadiran BPR Saijaan, karena lembaga keuangan yang dikelola swasta tersebut dapat membantu aspek permodalan masyarakat dalam menumbuhkembangkan potensi usaha," harapan Irhami.
 

Koordinator Bank Perkreditan Rakyat Saijaan, Perlyn Paulina mengatakan, banknya akan berusaha menjadi sarana pembantu pemerintah dalam turut mengembangkan usaha mikro kecil menengah dalam mengembangkan ekonomi di daerah. Perlyn minta dukungan Pemkab Kotabaru agar BPR Saijaan benar-benar mampu berperan aktif dalam memberdayakan UMKM di daerah.
 

BPR Saijaan yang dibangun Pemkab Kotabaru tersebut menjalankan operasinya di gedung kompleks pertokoan Limbur Raya Kabupaten Kotabaru. Sementara itu, Kabupaten Kotabaru yang berada di sebelah tenggara Banjarmasin, ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan memiliki 21 kecamatan, yang keseluruhannya diharapkan dilengkapi unit usaha BPR.

 

Dikutip dengan perubahan seperlunya dari: http://www.antarakalsel.com/berita/12858/kotabaru-perbanyak-bpr

Total hits : 2383 | Tanggal Kirim : 26-08-2013

Berita Pilihan

  • Pulau Samber Gelap
    pulau Samber Gelap (tampak bangunan Mercu Suar) Lokasi pulau dari ibukota Kabupaten Kotabaru hanya menempuh waktu 2 (dua) jam perjalanan menggunakan s...
  • Rencana Taman Kota (RTH Suryagandamana)
    Potret lokasi RTH Suryagandamana dari angkasa Mesjid Agung - Jalan Suryagandamana - Gunung Sebatung Rencana Pembangunan RTH Ruang Terbuka Hijau Jl. Su...
  • Pertemuan Triwulanan Forum CD-CSR Kabupaten Kotabaru
    Kamis (7/10) diselenggarakan Pertemuan Triwulanan CD-CSR Kabupaten Kotabaru 2011-2015 bertempat di Aula Hotel Grand Surya yang dihadiri oleh perusahaa...