Kotabaru Siap Dijadikan Kota Masa Depan

Beranda | Ragam | Wisata | Galleri Photo | Pengaduan | Database SKPD | Buku Tamu | Kontak Kami

Kotabaru Siap Dijadikan Kota Masa Depan

Kotabaru Siap Dijadikan Kota Masa Depan


KBRN, Kotabaru, Kabupaten Kotabaru Kalimatan Selatan dicanangkan sebagai salah satu dari 10 kota di Indonesia yang akan dikembangkan menjadi kota masa depan yang ramah publik dan lingkungan.

Sepuluh kota dan kabupaten yang akan dikembangkan sebagai kota masa depan ditunjuk berdasarkan beberapa kriteria, antara lain potensi kerawanan bencana yang rendah, serta dilalui jalur pelayaran nasional dan internasional. Adapun lima dari 10 kota dan kabupaten itu telah ditetapkan, salah satunya Kabupaten Kotabaru di Kalimantan Selatan.

Tim Koordinasi Perencanaan dan Pengembangan Kota Baru (TKP2B) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah melakukan ekspos di depan Bupati Kotabaru dan sejumlah pejabat satuan kerja perangkat daerah.

Usai pertemuan yang berlangsung di operation room kantor Bupati Kotabaru itu, Direktur Pengembangan Wilayah Bappenas Oktorialdi kepada RRI menjelaskan, pengembangan kota masa depan merupakan salah satu implementasi visi misi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Di samping  upaya pemerataan pembangunan di luar Pulau Jawa, pengembangan kota masa depan juga dimaksudkan menjadi pedoman untuk pemerintah daerah yang akan membangun kota baru atau penataan kota. Kabupaten Kotabaru sendiri ditunjuk dengan pertimbangan lokasi yang strategis karena tepat di tengah-tengah Indonesia dan berada di jalur ALKI II, dekat dengan Pulau Jawa dan Bali, dekat ke Asia Pasifik dan Australia, banyaknya lahan yang masih kosong, berada di wilayah aman terhadap bencana gempa dan tsunami, serta berpotensi untuk pemerataan pembangunan dan multiplier effect di Kalimantan bagian Tenggara, “ ungkap Direktur Pengembangan Wilayah Bappenas Oktorialdi di Kotabaru, Selasa (11/8/2015)

Atas sejumlah pertimbangan itu pula, Kabupaten Kotabaru akan diarahkan sebagai kota bisnis dan finansial. Daerah yang akan dikembangkan khususnya yang berada di bagian utara atau kecamatan yang terletak di daratan Kalimantan hingga perbatasan dengan Kalimantan Timur.

Konsepnya adalah membagi wilayah perkotaan menjadi 4 sub wilayah kota yakni budidaya, bisnis dan transportasi, pendidikan, dan pemukiman. Kemudian mengarahkan perkembangan kawasan sebagai Central Business District (CBD) berbasis pada potensi wilayah dan menciptakan pasar, serta menjadikan laut sebagai arah orientasi utama kota (water front city), di sisi lain pembangunan tetap ramah lingkungan dengan mempertahakan area konservasi.

Sumber : http://rri.co.id/banjarmasin/post/berita

Total hits : 1327 | Tanggal Kirim : 26-11-2015

Berita Pilihan

  • Pulau Samber Gelap
    pulau Samber Gelap (tampak bangunan Mercu Suar) Lokasi pulau dari ibukota Kabupaten Kotabaru hanya menempuh waktu 2 (dua) jam perjalanan menggunakan s...
  • Rencana Taman Kota (RTH Suryagandamana)
    Potret lokasi RTH Suryagandamana dari angkasa Mesjid Agung - Jalan Suryagandamana - Gunung Sebatung Rencana Pembangunan RTH Ruang Terbuka Hijau Jl. Su...
  • Pertemuan Triwulanan Forum CD-CSR Kabupaten Kotabaru
    Kamis (7/10) diselenggarakan Pertemuan Triwulanan CD-CSR Kabupaten Kotabaru 2011-2015 bertempat di Aula Hotel Grand Surya yang dihadiri oleh perusahaa...