Groundbreaking Jembatan Kotabaru - Pulau Laut Dilaksanakan 25 Juni 2015

Beranda | Ragam | Wisata | Galleri Photo | Pengaduan | Database SKPD | Buku Tamu | Kontak Kami

Groundbreaking Jembatan Kotabaru - Pulau Laut Dilaksanakan 25 Juni 2015


 Groundbreaking Jembatan Kotabaru - Pulau Laut


KBRN, Banjarmasin : Groundbreaking atau peletakan batu pertama megaproyek jembatan penghubung Pulau Kalimantan dengan Pulau Laut ditargetkan terealisasi tanggal 25 Juni 2015 di Kabupaten Kotabaru.

Tanggal 25 Juni 2015 diusulkan Pemerintah Kabupaten Kotabaru untuk melaksanakan peletakan batu pertama yang akan mengawali proyek nasional pembangunan jembatan Pulau Kalimantan-Pulau Laut.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kotabaru Suriansyah, menurutnya jadwal itu sudah disepakati dengan pemerintah provinsi yang menyatakan siap untuk memulai pekerjaan, namun demikian tanggal  bisa saja bergeser, karena kehadiran gubernur masih dalam konfirmasi.

“ Diharapkan groundbreaking akan dihadiri langsung oleh presiden atau paling tidak menteri terkait, hal ini mengingat proyek yang akan dijalankan merupakan kegiatan yang masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional,” ungkap Suriansyah di Kotabaru, Kamis (19/6/2015)

Di sisi lain pernyataan Sekda Kotabaru ini sekaligus menepis isu yang sebelumnya beredar menyebut bahwa groundbreaking akan dilakukan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dirinya menegaskan, Kabupaten Kotabaru yang akan jadi tuan rumah, karena di Tanah Bumbu masih belum ada kesepakatan soal titik kaki jembatan, sebenarnya, masalah pembebasan lahan di Kabupaten Kotabaru juga belum selesai, namun titik kaki jembatan sudah disepakati di daerah Tanjung Serdang Kecamatan Pulau Laut Tengah.

Pembebasan lahan belum rampung karena mulai tahun ini prosedurnya lebih sulit, karena harus melalui persetujuan pemerintah provinsi, tapi hal ini diyakini tidak akan jadi kendala karena pembangunan akan mulai dikerjakan dari laut.

Proyek pembangunan jembatan penghubung Pulau Kalimantan-Pulau Laut sendiri akan dibangun antara Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru. Diperkirakan menelan biaya Rp 3,6 triliun rupiah,  yang ditanggung bersama pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan kedua pemerintah kabupaten.

Jembatan sepanjang total enam kilometer yang bertujuan membuka akses darat ke ibukota Kabupaten Kotabaru ini digadang-gadang akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia, dan menerapkan teknologi paling canggih.

Sumber : http://rri.co.id/banjarmasin/post/berita

Total hits : 988 | Tanggal Kirim : 26-11-2015

Berita Pilihan

  • Pulau Samber Gelap
    pulau Samber Gelap (tampak bangunan Mercu Suar) Lokasi pulau dari ibukota Kabupaten Kotabaru hanya menempuh waktu 2 (dua) jam perjalanan menggunakan s...
  • Rencana Taman Kota (RTH Suryagandamana)
    Potret lokasi RTH Suryagandamana dari angkasa Mesjid Agung - Jalan Suryagandamana - Gunung Sebatung Rencana Pembangunan RTH Ruang Terbuka Hijau Jl. Su...
  • Pertemuan Triwulanan Forum CD-CSR Kabupaten Kotabaru
    Kamis (7/10) diselenggarakan Pertemuan Triwulanan CD-CSR Kabupaten Kotabaru 2011-2015 bertempat di Aula Hotel Grand Surya yang dihadiri oleh perusahaa...