Hasil Kajian/Penelitian - Kajian Kerjasama Bappeda Kotabaru Tahun 2015

Beranda | Ragam | Wisata | Galleri Photo | Pengaduan | Database SKPD | Buku Tamu | Kontak Kami

Kajian Kerjasama Bappeda Kotabaru Tahun 2015


1. Judul Penyusunan Studi Kelayakan Jalan Alternatif Siring-Pertamina
Tahun Terbit 2015
Penyusun Tim LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Rekomendasi
  1. Pembangunan dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup penduduk. Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi adalah pelayanan jasa transportasi, khususnya transportasi jalan raya, akibat meningkatnya permintaan penyediaan jasa angkutan yang makin meluas dengan kualitas yang harus makin meningkat pula.
  2. Jalan sebagai prasarana transportasi darat meliputi segala bagian jalan, karena semua pusat kegiatan beserta wilayah pengaruhnya membentuk satuan wilayah pengembangan. Pusat pengembangan dimaksud dihubungkan dalam satu hubungan hierarkis dalam bentuk jaringan jalan yang menunjukkan struktur tertentu. Dengan struktur tersebut, bagian jaringan jalan akan memegang peranan masing-masing sesuai dengan hierarkinya.
  3. Dilihat dari aspek sumber daya (resources), jalan sebagai salah satu prasarana transportasi yang merupakan urat nadi kehidupan masyarakat yang mempunyai peranan penting dalam usaha pengembangan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dalam kerangka tersebut, jalan mempunyai peranan untuk mewujudkan sasaran pembangunan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-udangan di bidang jalan, yaitu UU No. 38 Tahun 2004 Pasal 5 ayat (1) yang menyatakan bahwa : ”jalan sebagai bagian prasarana transportasi mempunyai peran penting dalam bidang ekonomi, sosial budaya, lingkungan hidup, politik, pertahanan dan keamanan, serta dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”.
2. Judul Kajian Pengaruh Investasi Pendidikan Gratis, Terhadap Lingkungan Keluarga, Motivasi, Rasionalitas Ekonomi Dan Implikasinya Bagi Kesejahteraan Ekonomi Orang Tua Siswa SMA/SMK Di Kabupaten Kotabaru
Tahun Terbit 2015
Penyusun Jaringan Penelitian Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan
Rekomendasi
  1. Dalam mengembangkan konsepsi kesejahteraan ekonomi, khususnya pada investasi pendidikan gratis maka perlu dikembangkan instrumen-instrumen lingkungan kelurga, misalnya pemberdayaan orang tua untuk meningkatkan prestasi anak.
  2. Pemerintah perlu meningkatkan pendidikan gratis, bukan hanya sampai pendidikan menengah atas tetapi sampai perguruan tinggi.Orang tua disarankan untuk memperhatikan peningkatan prestasi belajar anak sebagai upaya memenuhi tujuan dari pada program investasi pendidikan gratis.
  3. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian lebih lanjut terutama untuk meningkan kesejahteraan lingungan keluarga melalui pendidikan dengan menambah variabel lain yang memungkinkan mempengaruhi kesejahteraan ekonomi, seperti faktor Psikologi Orang tua dan Anak Didik.
3. Judul Kajian Indeks Kesulitan Geografis (IKG) Di Kabupaten Kotabaru
Tahun Terbit 2015
Penyusun Tim LPPM Universitas Lambung Mangkurat
Rekomendasi
  1. Perlunya pemetaan secara mendalam terhadap 152 desa, khususnya mengenai potensi masing-masing desa, melalui kajian berbasis desa-desa di Kabupaten Kotabaru.
  2. Perlunya pembenahan dan peningkatan pelayanan secara khusus pada 152 desa sebagai desa sasaran program utama, dengan IKG (Indeks Kesulitan Geografis) agak tinggi-sangat tinggi. Perlu  operasional anggaran pada 152 desa dalam rangka memperkecil nilai IKG desa-desa di Kabupaten Kotabaru, sehingga dapat bersaing dengan 50 desa lainnya.
4. Judul Penyusunan Kajian Strategis Tol Laut dengan Melihat Posisi Geo-Strategis Kabupaten Kotabaru
Tahun Terbit 2015
Penyusun Tim Peneliti Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin Makassar
Rekomendasi

Sebagai tindak lanjut awal dari pengembangan tol laut ada beberapa hal yang menjadi fokus untuk segera di tindak lanjuti adalah sebagai berikut:

  1. Penyusunan Rencana Implementasi dalam menjaring kesepakatan antar SKPD dan stakehloders terkait tentang alokasi program, waktu pelaksanaan, SKPD atau Stakeholders terkait dan penganggaran.
  2. Perbaikan sarana pelabuhan sebagai sarana utama tol laut.
  3. Pengembangan sumberdaya manusia sesuai standart MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).
  4. Perbaikan sarana infrastruktur pendukung khususnya transportasi, telekomunikasi, dan energi.
5. Judul Kajian Ketimpangan Wilayah Kabupaten Kotabaru
Tahun Terbit 2015
Penyusun Pusat Kajian dan Pengembangan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang
Rekomendasi
  1. Untuk mengatasi terjadinya ketimpangan diperlukan kerjasama dan koordinasi antar kecamatan di Kabupaten Kotabaru untuk mengejar ketertinggalan pembangunan antar wilayah. Kebijakan yang berkesinambungan sangat dibutuhkan dalam upaya mengatasi kecamatan tertinggal dan pemerataan pertumbuhan.
  2. Kabupaten Kotabaru dapat lebih mengembangkan semua potensinya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di setiap kecamatan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  3. Dengan adanya peringkat kecamatan berdasarkan klasifikasi perekonomian maka dapat dijadikan input dalam penentuan proporsi pembagian alokasi dana pembangunan untuk masing-masing kecamatan.
  4. Perlu ada studi lanjut tentang strategi pengembangan wilayah-wilayah  tertinggal  untuk  memperkecil  ketimpangan  ekonomi antar kecamatan/wilayah.
6. Judul Kajian Pertumbuhan Ekonomi, Penyerapan Tenaga Kerja, dan Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Kotabaru
Tahun Terbit 2015
Penyusun Pusat Kajian Dan Pengembangan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang
Rekomendasi
  1. Dengan memperhatikan masih rendahnya dampak pertumbuhan ekonomi terhadap lapangan kerja, maka tugas yang paling penting bagi Pemerintah Kabupaten Kotabaru adalah membuat terobosan kebijakan di bidang ketenagakerjaan agar pertumbuhan ekonomi memiliki dampak yang kuat dalam menyediakan lapangan kerja. Kebijakan ini antara lain dapat ditempuh dengan:
    - Mengembangkan  atau  menarik   investasi   baru  yang  pro terhadap penyerapan tenaga kerja (dan bukan yang pro terhadap penyerapan modal/teknologi);
    - Memudahkan perijinan untuk melakukan kegiatan bisnis;
    - Mendorong tumbuhnya industri/usaha kecil dan menengah di bidang ekonomi kreatif;
    - Memberi  kemudahan  berkembangnya  industri  lokal  yang memiliki keunggulan bersaing;
    - Memberikan  insentif  misalnya  perpajakan  kepada  aktivitas bisnis yang banyak menyerap tenaga kerja;
    - Meningkatkan kualitas SDM agar memiliki ketrampilan yang dibutuhkan oleh usaha bisnis di Kabupaten Kotabaru melalui peningkatkan pendidikan kejuruan atau kursus ketrampilan oleh pihakpemerintah maupun swasta.
  2. Begitu juga dengan dampak pertumbuhan ekonomi terhadap IPM yang masih rendah, maka yang harus diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Kotabaru adalah mengupayakan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) agar selalu meningkat dengan lebih cepat. Caranya dengan meningkatkan akses yang lebih besar bagi masyarakat terhadap fasilitas yang langsung mendukung komponen IPM yaitu sarana pendidikan, kesehatan dan ekonomi.
  3. Untuk mengetahui efektivitas program yang bertujuan untuk pengurangan kemiskinan, maka perlu adanya kebijakan santunan yang sifatnya khusus bagi orang miskin yang sangat parah (anak terlantar dan janda/duda tua yang tidak memiliki wali). Di samping itu, perlu didorong peranan masyarakat terhadap kepeduliannya terhadap penduduk miskin yang ada di sekitarnya.
  4. Progam-program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan perlu diarahkan pada usaha produktif untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan ekonomi.

 

 

Total hits : 30 | lastupdate : 04-09-2018

Berita Pilihan

  • Pulau Samber Gelap
    pulau Samber Gelap (tampak bangunan Mercu Suar) Lokasi pulau dari ibukota Kabupaten Kotabaru hanya menempuh waktu 2 (dua) jam perjalanan menggunakan s...
  • Rencana Taman Kota (RTH Suryagandamana)
    Potret lokasi RTH Suryagandamana dari angkasa Mesjid Agung - Jalan Suryagandamana - Gunung Sebatung Rencana Pembangunan RTH Ruang Terbuka Hijau Jl. Su...
  • Pertemuan Triwulanan Forum CD-CSR Kabupaten Kotabaru
    Kamis (7/10) diselenggarakan Pertemuan Triwulanan CD-CSR Kabupaten Kotabaru 2011-2015 bertempat di Aula Hotel Grand Surya yang dihadiri oleh perusahaa...