Hasil Kajian/Penelitian - Kajian Kerjasama Bappeda Kotabaru Tahun 2018

Beranda | Ragam | Wisata | Galleri Photo | Pengaduan | Database SKPD | Buku Tamu | Kontak Kami

Kajian Kerjasama Bappeda Kotabaru Tahun 2018


 

1. Judul Kajian Full Day School
Tahun Terbit 2018
Penyusun Universitas Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan
Rekomendasi
  1. Pihak Bappeda Kabupaten Kotabaru perlu sesegera mungkin melakukan  koordinasi dengan dinas terkait khususnya Dinas Pendidikan Kabupaten Kotabaru untuk menyusun Peraturan Daerah terkait Penguatan Pendidikan Karakter di Kabupaten Kotabaru. Keberadaan Peraturan Daerah ini akan menjadi paying hukum terutama dalam penyusunan anggaran kegiatan untuk pengembangan Pendidikan Karakter pada berbagai jenjang pendidikan di Kabupaten Kotabaru.
    Keberadaan Peraturan Daerah terkait Pengembangan Pendidikan Karakter akan membantu bagi pihak Bappeda dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kotabaru untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang terkait dengan pelaksanaan PPK antara lain:
    a. Pelaksanaan koordinasi implementasi pelaksanaan program PPK dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan satuan pendidikan;
    b. Melakukan sinergi dan implementasi kebijakan gerakan PPK dengan dinas terkait di tingkat kabupaten/kota;
    c. Memberikan dukungan pelaksanaan program PPK pada satuan pendidikan;
    d. Memberikan dukungan sarana dan prasarana program PPK pada satuan pendidikan;
    e. Memberikan pendampingan pelaksanaan program PPK pada satuan pendidikan; dan
    f. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program PPK di satuan pendidikan.

  2. Perlunya penguatan peran beberapa pihak kunci yakni Kepala Sekolah dan Guru dalam pelaksanaan PPK di sekolah. Penguatan peran ini hendaknya ditindaklanjuti melalui:
    a. Pelatihan Penguatan Kemampuan Manajerial bagi Kepala Sekolah selaku pemimpin di sekolah dalam rangka melaksanakan program PPK di tingkat sekolah, melalui koordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Kotabaru.
    b. Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam mengembangkan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai utama PPK dalam upaya membangun karakter siswa, melalui koordinasi dengan Pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Kotabaru.
  3. Perlunya dilakukan kajian spesifik tentang kondisi dan kebutuhan Sarana dan Prasarana Pendidikan yang ada di sekolah pada berbagai jenjang dan satuan pendidikan di Kabupaten Kotabaru, dengan mengacu pada temuan penelitian yang menunjukkan masih belum terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana pada sekolah-sekolah yang menjadi sampel penelitian. Kajian ini bisa dilakukan secara terpisah maupun menjadi bagian dari kajian tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan di Kabupaten Kotabaru.
2.
Judul Masterplan E-Government
Tahun Terbit 2018
Penyusun Bappeda Kabupaten Kotabaru
Rekomendasi -

 

Total hits : 100 | lastupdate : 16-01-2020

Berita Pilihan

  • Pulau Samber Gelap
    pulau Samber Gelap (tampak bangunan Mercu Suar) Lokasi pulau dari ibukota Kabupaten Kotabaru hanya menempuh waktu 2 (dua) jam perjalanan menggunakan s...
  • Rencana Taman Kota (RTH Suryagandamana)
    Potret lokasi RTH Suryagandamana dari angkasa Mesjid Agung - Jalan Suryagandamana - Gunung Sebatung Rencana Pembangunan RTH Ruang Terbuka Hijau Jl. Su...
  • Mekanisme Musrenbang
    Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau yang lebih dikenal dengan Musrenbang dilakukan setiap tahun sebelum memasuki tahun anggaran baru. Musrenbang K...